Sunday, October 23, 2011

BKD DIKLAT ADAKAN DIKLAT PENATAUSAHAAN ASSET DAN BARANG DAERAH



Dalam rangka meningkatkan kemampuan aparatur khususnya staf yang mengurus Barang Daerah pada masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar mampu mengelola barang milik Daerah secara tertib dan benar. Maka Badan Kepegawaian Daerah Diklat (BKD Diklat) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melakukan Pendidikan dan Pelatihan Penatausahaan Aset dan Barang Daerah kepada staf yang mengurus barang di seluruh SKPD yang ada di lingkungan Pemkab. HSS, Senin (24/10) di Aula BKD Diklat HSS.

Hadir pada acara itu Asisten Administrasi Pembangunan dan Kemasyarakatan Ir. H. Fathurrahman, MP, Kepala BKD Diklat Kab. HSS Said Ali Fachir, SH, MH beserta jajaran dan peserta Diklat.

Dalam sambutan tertulis Bupati HSS yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Pembangunan dan Kemasyarakatan Ir. H. Fathurrahman, MP bahwa diklat ini bertujuan untuk menjadikan aparatur yang profesional dalam melakukan Penatausahaan Aset Daerah. “Barang Daerah merupakan Aset yang dimiliki oleh Pemerintah yang harus dikelola dan dijaga dengan baik”, ujarnya.

Data-data barang yang akurat akan memudahkan dalam pembuatan laporan. Barang yang tidak terkelola dengan baik sering kali menjadi penyebab adanya temuan terhadap laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Dimana salah satu kriteria laporan Keuangan Pemerintah Daerah yang harus dipenuhi untuk mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK dan merupakan tanggungjawab Pemda adalah tertib Penatausahaan dan Pengelola Asset Daerah. Baik tertib administrasi, tertib inventarisasi maupun tertib laporan. untuk itu peningkatan kompetensi SDM dibidang Penatausahaan dan administrasi aset menjadi keharusan guna menunjang keakuratan Administrasi Asset. Beliau meminta kepada peserta diklat untuk mengikuti kegiatan dengan baik, sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab.

Kepala BKD Diklat Kab. HSS Said Ali Fachir, SH, MH dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakan diklat ini adalah untuk mengaplikasikan pengisian data lokasi kode barang, format inventarisasi, kartu inventaris barang, kartu inventaris ruangan dan pelaporan barang daerah. Adapun pelaksanaan diklat selama 8 hari dengan jumlah peserta sebanyak 43 orang. Sebagai Narasumber pada diklat ini yakni dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan Selatan (Kal-Sel), Biro Keuangan Sekretariat Daerah Provinsi Kal-Sel dan Pemkab.HSS. (humas_hss)

No comments:

Post a Comment