Rabu, 26 Oktober 2011

Perbedaan Negara Maju dan Berkembang

Negara maju seringkali diartikan sebagai negara mandiri yang sudah mencapai tingkat kemajuan diberbagai bidang melebihi negara lainnya yang masih berkembang atau miskin. Sebenarnya apa perbedaan negara maju dan negara berkembang secara garis besarnya? Temukan jawabannya dalam artikel usaha sukses dibawah ini:


Negara maju adalah sebutan untuk negara yang menikmati standar hidup yang relatif tinggi melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang merata. Kebanyakan negara dengan GDP per kapita tinggi dianggap negara berkembang. Namun beberapa negara telah mencapai GDP tinggi melalui eksploitasi sumber daya alam tanpa mengembangkan industri yang beragam, dan ekonomi berdasarkan-jasa tidak dianggap memiliki status negara maju.

Sedangkan negara berkembang adalah istilah yang umum digunakan untuk menjelaskan suatu negara dengan kesejahteraan material tingkat rendah. Karena tidak ada definisi tetap negara berkembang yang diakui secara internasional, tingkat pembangunan bisa saja bervariasi di dalam negara berkembang tersebut. Sejumlah negara berkembang memiliki standar hidup rata-rata yang tinggi.

Perbedaan antara negara maju dan berkembang adalah terletak pada perbedaan sikap atau perilaku masyarakatnya, yang telah dibentuk sepanjang tahun melalui kebudayaan dan pendidikan. Perilaku masyarakat di negara maju mematuhi prinsip-prinsip dasar kehidupan seperti etika, kejujuran dan integritas, bertanggungjawab, hormat pada aturan dan hukum masyarakat, hormat pada hak orang lain, cinta pada pekerjaan, mau kerja keras dan tepat waktu.

Dalam negara berkembang, hanya sebagian kecil masyarakat mematuhi prinsip dasar kehidupan tersebut. Negara terbelakang, lemah, miskin karena perilaku masyarakatnya yang kurang baik. Masyarakat negara berkembang kekurangan kemauan untuk mematuhi dan mengajarkan prinsip dasar kehidupan yang akan memungkinkan untuk membangun masyarakat, ekonomi dan negara.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar