Kamis, 20 Oktober 2011

WABUP TINJAU HASIL PEMBANGUNAN JALAN LINGKAR UTARA KANDANGAN




Jumat (21/10) Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan H. Ardiansyah, S. Hut yang juga selaku Ketua pengawas Pembangunan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) meninjau secara langsung pembangunan ruas jalan di Lingkar Utara Kandangan dan peningkatan pembangunan ruas jalan penghubung antar Desa Amparaya dan Desa Hanau Kecamatan Simpur. Peninjauan dimaksudkan untuk melihat hasil pembangunan yang telah dilakukan oleh Dinas Pekerjan Umum (PU) Kab. HSS.

Kepala Bidang Marga PU Rahmawati, ST menjelaskan bahwa jalan Lingkar Utara Kandangan yang dibangun dengan dana APBD Kab.HSS Tahun Anggaran 2011 sebesar Rp 4,4 milyar adalah penghubung jalan A.Yani sampai ke ruas jalan Desa Jambu dengan panjang jalan mulai bundaran sampai ke Desa Jambu sekitar 3,850 meter. Lebar jalan bervariasi tergantung pembebasan 14-20 meter, tetapi tahap awal untuk perkerasan direncanakan lebar 7 meter. Dalam pelaksanaannya perkerasan lapis pondasi bawah dan urukannya rencananya dihabiskan sampai batas tanah yang dimiliki oleh Pemerintah.

”Direncanakan pembangunan jalan lingkar utara ini ada 2 jalur yang nantinya menjadi jalan nasional, ketebalannya untuk urukan yang ada antara 30-40 cm dan ada juga dibawah 20 karena ada perkerasan terdahulu. Yang ada sekarang ini ketebalannya untuk lapis pondasi bawah 20 cm, lapis pondasi atas 10 cm dan pengaspalannya dilakukan 2 kali dengan tebal ATB 4 cm, HRS 3 cm sampai sekarang perhitungan estimasi sudah sekitar 70 % lebih dan jenis aspal yang digunakan adalah ATB dan untuk perkuatan kontruksi dan lapis permukaannya menggunakan HRS dengan perkiraan tahap penyelesaian tahap pertama pada bulan Nopember 2011 mendatang dan tahapan lanjutan yaitu untuk urukan ke depannya menghabiskan batas tanah tetapi saat ini masih ada masalah batas tanah”ujarnya.

Selanjutnya Rahmawati juga menjelaskan peningkatan pada ruas jalan yang menghubungkan desa Amparaya dengan desa Hanau dengan panjang 4.323 meter dengan lebar rata-rata 3 meter pelaksanaannya sudah 100% dan sekarang memasuki masa pemeliharaan. Kontruksi yang digunakan adalah jenis burtuburas untuk jalan peningkatan pengerasan. (humas_hss)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar