Monday, November 14, 2011

Buah Abiu dan Khasiatnya


Buah abiu adalahsejenis sawo segar dari Australia. Rasanya aneh dan tidak biasa. Bentuknya jugatidak menyerupai sawo, meskipun pohon abiu memiliki karakter yang mirip dengankerabat sawo-sawoan, yaitu berkayu dan mampu mencapai tinggi 15cm. Buahnyasendiri berbentuk lonjong sampai membulat, dengan ukurang panjang 6-12 cm danbobot 150-500 gram / buah. Karena banyak dibudidayakan di Australia,tumbuhan yang termasuk dalam spesies Puteria Caimito dan keluargaSapotaceae ini lebih dikenal dengan sebutan sawo Australia. Padahal, kampunghalaman aslinya adalah daerah sekitar Amazon, dataran rendah Peru, dan Brazil.

Buah abiu yang adaptifdi iklim tropis dan subtropis ini tumbuh subur mulai dari dataran rendah hinggadataran tinggi. Keistimewaannya yang utama dibanding anggota keluargaSapotaceae lainnya adalah cepat berbuah. Pada umur 2 tahun, tanaman asal bijimulai berbunga. Dua bulan kemudian, bunga menjadi buah berwarna hijau danberangsur menjadi kuning cerah kala sudah masak / matang.

Daging buah abiuberwarna putih bening dengan rasa khas manis legit dan segar. Ada yangmenggambarkannya seperti rasa kelapa muda, namun ada juga yang menyetarakannyadengan paduan susu dan karamel. Karena dagingnya lembek dan sedikit berair,abiu dapat dimakan dengan cara dibelah melintang atau membujur; atau jugadengan disedok. Pada masing-masing buah terdapat 1-5 biji abiu.

Selain dapat dimakanlangsung, buah abiu dapat diolah menjadi berbagai makanan spesial, seperti AbiuCarambola Chicken Breast (dada ayam goreng dimasak dengan jus abiu danbelimbing), Abiu Tart, Sweet & Sour Abiu & Beefburger, dan sebagainya.Karena banyak mengandung vitam A, B3, dan C, serta kaya sumber kalori danserat, buah Abiu juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Di Brasilsendiri, daging buah abiu digunakan untuk meringankan batuk, bronchitis,dan keluhan pernafasan atau paru-paru. Sedangkan getah pohon abiu berkhasiatsebagai obat cacing, obat pencahar, dan menyembuhkan luka bengkak.

Sumber :khasiatbuah.com

No comments:

Post a Comment