Thursday, November 10, 2011

Cara menghitung gear ratio gear transmisi



Banyak orang yang melakukan modifikasi terhadap motornya, terutama mengubah ukuran gear agar motor bias menjadi lebih cepat. Dalam modifikasi ini tentunya tidak sembarangan karena kita harus menghitung ratio transmisi. Untuk itu disini saya kan berbagi dalam bagai mana cara menghitung ratio transmisi.

 Ratio gear ini akan menentukan percepatanyang dihasilkan dari kombinasi gigi - gigi pada transmisi , pada masing - masing tingkat percepatan. Pada tranmisi sepeda motor umumnya menggunakan kombinasi dua gear untuk menghasilkan suatu tingkat percepatan .sementara pada mobil umumnyamenggunakan kombinasi empat gigi atau lebih untuk menghasilkan satu tingkat percepatan. Misalkan pada kecepatan gigi 1 , maka perubahan percepatan dari kopling ke poros keluaran transmisi menggunakan kombinasi 4 gigi ( untuk mobil). Gigi - gigi inimemiliki jumlah mata gigi yang berbeda pada tiap - tiap gigi. Jumlah mata gigi yang berbeda - beda inilah yang akan menghasilkan perbedaan putaran dan tenaga padatransmisi.Sekarang saya akan langsung saja membahas cara menghitung ratio gear pada transmisi :
1. kombinasi 2 gigi
Untuk kombinasi dua gigi kita menggunakan rumus :ratio gear = B : A
2. kombinasi 4 gigi
Untuk kombinasi 4 gigi kita menggunakan rumus :ratio gear = (B : A ) x ( D : C )
3.kombinasi 5 gigi
Untuk kombinasi lima gigi kita menggunakan rumus ;ratio gear = ( B : A ) x (E : C ) x ( D : E )
Contoh :
 jumlah roda gigi A adalah 10 , B = 30 , C =20 , D = 40ratio gear = ( 30 : 10 ) x ( 40 : 20 )= 3 x2= 6Jadi ratio gearnya adalah 6 , maksudnya adalah 6 kali putaran kopling akan menghasilkan1 kali putaran output pada poros keluaran transmisi.Demikianlah penjelasan saya mengenai cara menghitung ratio gear transmisi.
Silahkan mencoba, semoga dengan ini anda dapat menghitung ratio trnasmisi seperti yang anda butuhkan..

No comments:

Post a Comment