Selasa, 01 November 2011

Tatalaksana Pemeliharaan Rusa


Domestikasirusa telah dilakukan beberapa abad yang lalu di Asiadan Eropa, terutama di China.Di negara ini rusa diternakkan untuk memproduksivelvet yang digunakan sebagai obat tradisional. Di Eropa, peternakan rusadikembangkan untuk dimanfaatkan dagingnya. Dalam perkembangannya rusadipelihara di dalam area kandang yang luas sehingga mereka dapat bebas bergerakpada jarak 2 meter dari pagar yang mengelilingi area kandang. Peternak yang telahrutin membiasakan diri merawat rusanya dapat memberikan pakan langsung daritangannya, tetapi jika belum terbiasa dengan kehadiran manusia, hewan ini dapatdengan mudah menjadi berbahaya/stress.
            Perkembangan industri rusa mencapai20% tiap tahunnya. Rusa dipelihara di pastura dengan kualitas hijauan yangbaik. Tambahan pakan diperlukan jika kualitas pasturanya kurang baik/terbatas. Pagardan penanganan yang khusus sebaiknya digunakan untuk mengatasi ketangkasan dankemampuan lompat rusa yang dengan mudah dapat melintasi pagar setinggi 2 m   ataulebih (Mackay 1998;Spiers dan Yerex, 1987). Kandang rusa dirancang sedemikianrupa sehingga rusa dapat bergerak melalui jalan setapak yang menghubungkan areaumbaran dengan area pengelolaan. Disarankan agar area pengelolaan tertutup dandiberi pencahayaan ringan untuk memudahkan penanganan (Mackay, 1998; SCA 1991).Umumnya peternakan rusa berada di tempat terbuka. Untuk mengurangi stress, rusaharus dilatih untuk mendapatkan makanannya di suatu tempat yang telahditentukan di area umbaran. Adaptasi area penanganan memudahkan upayavaksinasi, penimbangan, pemotongan velvet maupun penangkapannya.
            SDM yang bekerjasama dengan rusaharus memahami dan menerima tanggung jawab yang berkaitan dengan kesejahteraanrusa yang berada di bawah pengawasan mereka. Pemberi kerja mempunyai suatukewajiban untuk melatih karyawannya agar mampu bekerja sama dengan rekansekerjanya, mampu menggunakan peralatan kerja dengan benar, mampu merawat ternakdan memastikan bahwa karyawan mengikuti prinsip itu terus menerus.
            Sebelum bertugas, SDM harus diberi instruksi yang jelasberdasarkan kebutuhan hidup rusa yang mereka pelihara yang berkaitan denganspesies, jenis kelamin dan umur. Pengetahuan yang benar menyangkut perilakurusa yang dikombinasikan dengan fasilitas yang memadai sangat diperlukan untukmemastikan adanya penanganan yang baik dan aman.

Lihat Juga Seputar Budidaya Kelapa Sawit di sini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar